Apa Itu Shopee ? Sejarah dan Keunggulannya.

Apa Itu Shopee ?

Perkembangan teknologi telah membuat banyak perubahan dalam segala lini kehidupan manusia, termasuk dalam tradisi berbelanja. Masyarakat modern kini lebih banyak melakukan transaksi berbelanja secara online baik lewat toko online perorangan ataupun marketplace. Salah satu marketplace terbesar tanah air saat ini adalah shoope. Tahukan sobat, apa itu shopee ?

Mari kita mengenal lebih jauh apa itu shopee, bagaimana sejarah berdirinya serta kelebihan dna kekurangannya. Sebagaimana dijelaskan di atas, Shopee adalah platform perdagangan elektronik, dalam bahasa lain disebut marketplace, dimana ia berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group. Shopee didirikan pada 2009 oleh Forrest Li, seorang milyarder asal singapura yang juga mendirikan perusahaan garena.

Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015. Sejak itu shopee memperluas jangkauannya lagi ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Wikipedia

Keunggulan Shopee

Jumlah Konsumen

Kita pastinya sering melihat dan menyaksikan bagaimana gencarnya promosi yang dilakukan oleh shopee baik di media cetak maupun media elektronik, bahkan kini nama liga di tanah air pun menggunakan nama Shopee. hal tersebut tentunya membuat shopee semakin banyak dikenal orang sehingga jumlah calon konsumen pun semakin banyak.

Semakin banyaknya pengguna shopee tentunya ini menjadi peluang yang besar untuk anda yang hednak berjualan secara online.

Program Menarik

Setiap konsumen tentunya akan sangat senang dengan program diskon. Shopee termasuk salah satu marketplace yang selalu memberikan banyak program diskon untuk setiap calon konsumen, selain itu juga banyak program free onkir sehingga kita bisa menghemat biaya pengeluaran.

Integrasi Pengiriman Paket

Bagi penjual (seller) ini tentunya sangat menguntungkan karena kita tidak perlu repot-repot lagi membuat catatan alamat tujuan pengiriman. Kita hanya perlu mencetak sebuah barcode kemudian langsung diserahkan ke pihak kurir, J&T, JNE, Tiki dan lain-lain.

Kekurangan Shopee

Kekurangan yang paling terasa di shopee adalah masalah harga, ini tentu sangat dirasa merugikan bagi penjual, karena banyaknya seller di shopee sehingga masalah persaingan harga menjadi tidak sehat.

Jika pengguna suatu barang sangat tinggi maka tentu akan mengakibatkan persaingan yang tinggi pula. Di shopee kita bisa menemukan barang yang diinginkan dengan harga yang sangat murah, bahkan di bawah harga standar pasar. Hal ini tentunya menjadi persaingan yang tidak sehat karena setiap seller akan banting-bantingan harga akan dapat menjaring konsumen sebanyak mungkin.

Demikianlah sekilah mengenai apa itu shopee dan bagaimana sejarah singkat serta keunggulan dan kekurangannya, semoga penjelasan singkat ini bisa difahami dengan mudah oleh anda pemula yang ingin mengetahui lebih lanjut megenai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Shopee.